EFEK-EFEK EKONOMIS KOPERASI
Salah satu hubungan penting koperasi adalah
dengan para anggotanya, yang sekaligus sebagai pemilik dan pengguna jasa
koperasi.
Motivasi ekonomi
anggota sebagai pemilik dan anggota akan mempersoalkan dana (simpanan) yang
telah diserahkannya, apakah menguntungkan atau tidak. Sedangkan anggota sebagai
pengguna akan mempersoalkan kontinuitas pengadaan kebutuhan barang dan jasa,
untuk tidaknya tergantung pelayanan koperasi.
Setiap anggota
akan berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan perusahaan koperasi
1. Jika kegiatan tersebut sesuai kebutuhannya
2. Jika pelayanan ditawarkan
dengan harga, mutu dan syarat-syarat lebih menguntungkan dibanding dari
pihak-pihak luar perusahaan
EFEK HARGA DAN EFEK BIAYA
Partisipasi anggota menentukan keberhasilan
koperasi, sedangkan tingkat partisipasi anggota dipengaruhi oleh besarnya nilai
manfaat pelayanan koperasi secara utilitarian dan normative. Motivasi
utilitarian sejalan dengan kemanfaatan ekonomis, maksudnya insentif berupa
pelayanan barang-jasa yang dilakukan koperasi secara efisien, atau adanya
pengurangan biaya atau diperolehya harga menguntungkan serta penerimaan bagian
SHU secara tunai maupun bentuk barang. Bila dilihat dari peranan anggota, maka
setiap harga yang ditetapkan koperasi harus dibedakan antara harga unruk
anggota dan harga non anggota, perbedaan ini megharuskan daya analisis yang
lebih tajam dlam melihat koperasi dalam pasar yang bersaing.
ANALISIS HUB. EFEK EKONOMIS DENGAN KEBERHASILAN KOPERASI
Koperasi merupakan badan usaha ekonomi yang
bertujuan untuk menigkatkan kesejahteraan hidup para anggotanya. Ditinjau dari
konsep koperasi, fungsi laba tergantung pada besarnya partisipasi ataupun
transaksi anggota dengan koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota
semakin tinggi manfaat yang terima oleh anggotanya.
Keberhasilan
koperasi ditentukan salah satu faktornya adalah partisipasi anggota,
partisipasi anggota sangat erat hubungannya dengan efek ekonomis koperasi yaitu
manfaat yang diperoleh oleh anggota koperasi.
PENYAJIAN DAN ANALISIS NERACA PELAYANAN
Bila suatu
koperasi bisa lebih memenuhi pelayan yang sesui dengan kebutuhan anggotanya
dibandingkan dengan pesaingnya, maka partisipasi anggota terhadap koperasi akan
meningkat. Untuk lebih meningkatnkan pelayanannya kepada anggota koperasi
membutuhkan informasi yang dating dari anggotanya sendiri.
Ada 2 faktor
koperasi harus meningkatkan pelayanan kepada anggota koperasinya :
1. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain
1. Adanya tekanan persaingan dari organisasi lain
2. Perubahan kebutuhan manusia sebagai akibat
dari perubahan waktu dan peradaban. Perubahan kebutuhan ini akan menentukan pola
kebutuhan anggota dalam mengkonsumsi produk-produk yang di tawarkan oleh
koperasi.
Bila koperasi
mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih
besar dari pada pesaingnya, maka tingkat partisipasi anggota terhadap
koperasinya akan meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan, koperasi memerlukan
informasi-informasi yang datang terutama dari anggota koperasi
SUMBER;
Tidak ada komentar:
Posting Komentar